Cara Memelihara Kelinci


merupakan binatang mamalia yang digolongkan ke dalam keluarga Leporidae Cara Memelihara Kelinci
Kelinci merupakan binatang mamalia yang digolongkan ke dalam keluarga Leporidae. Pada mulanya ia hidup secara liar terutama di dataran benua Eropa dan juga Afrika. Tetapi kini persebarannya mulai merata di seluruh dunia. Tak hanya hidup secara liar, kini kelinci sudah dibudidayakan secara serius sebagai binatang ternak lantaran industri dengan materi baku kelinci telah merambah semua segmen termasuk kuliner, farmasi dan bahkan kosmetika. Selain dibudidayakan untuk kepentingan ekonomi, kelinci juga terkenal dijadikan binatang peliharaan. Bentuknya yang lucu, bulunya yang lembut serta temperamennya yang cenderung jinak memang dapat menciptakan siapapun jatuh cinta. Anda tertarik? Baiknya sebelum membawa pulang kelinci ke rumah Anda, cermati cara memelihara kelinci yang baik dan benar. Berikut uraian singkatnya.

Siapkan Kandang Yang Baik


Hal pertama yang patut diperhatikan ketika hendak memelihara kelinci adalah sangkar kelinci. Pada dasarnya, kelinci dapat dilepas di alam bebas akan tetapi sangat susah untuk menjamin keselamatannya. Oleh lantaran itu, keberadaan sangkar sangat dibutuhkan. Kandang kelinci terbaik yaitu sangkar dengan ukuran yang besar dan tidak membatasi gerak dari sang kelinci. Sebaiknya, sangkar tidak dibentuk dalam keadaan bertingkat. Alasannya lantaran dua hal. Pertama, kelinci merupakan binatang yang takut pada ketinggian. Kandang bertingkat akan menciptakan ia kurang nyaman. Kedua, sangkar kelinci yang bertingkat akan menciptakan kotorannya menumpuk dan bukan tak mungkin akan mengenai wadah kuliner dan minuman yang terletak di tingkat bawah. Jika Anda memang tak dapat menghindari kondisi sangkar bertingkat, tetap usahakan sangkar maksimal berjumlah 2 tingkat saja.

Hal lain yang wajib diperhatikan terkait sangkar yaitu sirkulasi udara dan kebersihannya. Sebaiknya, sangkar kelinci terbuat dari aluminium jauh lebih baik dibandingkan sangkar yang terbuat dari kayu. Terutama jikalau Anda menempatkan sangkar tersebut di luar rumah. Penempatan sangkar juga merupakan hal yang tak luput dari perhatian. Jangan tempatkan sangkar di daerah yang rawan tergenang air. Sebab hal tersebut akan mengundang penyakit bagi kelinci. Terakhir, pastikan Anda membersihkan sangkar kelinci minimal sekali dalam seminggu. Kelinci tak sama dengan babi yang dapat hidup sekandang dengan kotorannya. Ia juga tak sepandai kucing yang piawai mengubur kotorannya. Jadi, kesigapan Anda mutlak diperlukan!

Pilih Makanan Kelinci Terbaik

Setelah sangkar siap, hal lain yang wajib diperhatikan yaitu pakan kelinci. Di pet shop dan toko binatang lainnya, dengan gampang Anda dapat mendapat pellet kelinci. Harganya variatif dengan kualitas yang juga variatif. Meski demikian, tunjangan pellet juga harus dibarengi dengan kuliner alami untuk menghindari kebosanan si kelinci lucu. Adapun kuliner yang baik diberikan kepada kelinci antara lain wortel, sayuran hijau (seperti kangkung, daun ketela, daun pepaya dan lain-lain), rumput hijau, jerami, umbi-umbian, biji-bijian dan lain-lain. 


Cara memelihara kelinci terutama dalam hal pakan, agak berbeda dengan binatang lainnya. Hindari memberi komponen sayuran dalam keadaan segar lantaran getah pada tanaman tersebut akan besar lengan berkuasa jelek pada pencernaan kelinci. Oleh lantaran itu, beri sayuran yang telah dalam keadaan layu kepada kelinci Anda. Selain makanan, ketersedian minuman yang higienis juga penting bagi kelinci. Banyak yang menyampaikan binatang ini tidak memerlukan air lantaran pasokan cairannya bersumber dari kuliner yang ia konsumsi. Hal ini salah, kelinci tetap membutuhkan air bersih. Jadi, sediakan botol minuman dalam kandangnya

Hal lain yang juga harus masuk dalam daftar perhatian Anda yaitu penyakit pada kelinci. Hal ini masuk ke dalam zona serius lantaran penyakit pada kelinci berpotensi pada kematian. Adapun jenis penyakit yang sering menyerang kelinci antara lain kudis,  kembung, kangker indera pendengaran sembeli, berak darah, dan lain-lain. Biasanya penyakit ini dipicu sangkar yang kurang higienis dan juga kuliner yang kurang baik. Makara perbaiki kualitas sangkar dan juga kuliner akan membantu kelinci Anda tetap sehat dan lucu. Bagaimana, cara memelihara kelinci cukup gampang bukan? Selamat mencoba ya!

0 Response to "Cara Memelihara Kelinci"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel