Mengenal Burung Ocehan Cucak Rawa

Akrab betul kita dengan burung yang satu ini yang tidak hanya dikenal alasannya yaitu mempunyai kicauan yang merdu tapi namanya juga dibawakan dalam sebuah lagu. Ya, burung tenar tersebut tak lain yaitu burung cucak rawa. Sehingga dari ketenaran burung cucak rawa menciptakan semua orang tahu betul dengan nama burung ocehan tersebut walaupun tidak pernah melihat wujud aslinya ketika berkicau. Dalam artikel ini akan diuraikan mengenai seluk beluk burung ocehan cucak rawa supaya kita lebih kenal yang tidak hanya dari lagu yang bersyairkan namanya tapi juga ciri-ciri fisiknya.

Ya, nama burung cucak rawa disebut juga burung cucak rowo yang dipengaruhi dialektika suku bangsa di suatu daerah. Di beberapa tempat juga burung cucak rawa dipanggil dengan nama cangkurawah dan barau-barau. Nama ilmiah dari burung cucak rawa yaitu Pycnonotus zeylanicus yang dalam bahasa inggrisnya disebut Straw-headed Bulbul. Penyebarannya sendiri hanya terdapat di wilayah Indonesia dan semenanjung Malaysia yang di antaranya berada di Sumatera, Nias, Kalimantan, dan Jawa.

Saat berada di alam liar, burung cucak rawa biasanya berada di rawa-rawa, hutan bersahabat tepian sungai, dan paya-paya. Sedangkan makanannya di alam liar lebih sering menyantap banyak sekali jenis serangga, buah-buahan kecil, dan siput air. Di samping itu juga, burung ini cukup pemalu untuk bertemu dengan makhluk lain sehingga kawanan burung cucak rawa lebih banyak bersembunyi dibalik dedaunan yang rimbun dan hanya membunyikan kicauannya saja.

Related Posts

", numPosts: 8, titleLength: "auto", thumbnailWidth: 250, thumbnailHeight: 170, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w255-h170-c/no-image.png", containerId: "related-post-4251169863529264720", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

0 Response to "Mengenal Burung Ocehan Cucak Rawa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel