Kenali Kesalahan Dalam Menangani Burung Ocehan Yang Sakit

Burung ocehan yang sehat dan bisa berkicau merupakan idaman bagi setiap pecinta burung ocehan. Tapi tidak selalu burung ocehan tampak sehat setiap hari dan ada kalanya tanpa disadari burung ocehan ditimpa oleh penyakit yang bisa bersifat ringan hingga dengan parah atau kronis. Burung ocehan yang sakit tentunya harus mendapat penanganan bagi si empunya burung ocehan tersebut supaya cepat tahu wacana penyakit apa menjangkiti burung ocehan tersebut. Sedari itu diperlukan pengetahuan mengenai penyakit dan cara merawat burung ocehan yang sedang sakit sehingga kemungkinan terburuk yang bisa menimpa burung ocehan sanggup dihindarkan dan cepat memulihkan kesehatannya kembali.

Akan tetapi tidak selalu di antara para pecinta burung ocehan sanggup secara benar melaksanakan perawatan terhadap burung ocehannya yang sakit. Dan akhirnya burung ocehan tersebut bukannya sembuh melainkan penyakitnya semakin parah dan yang terburuk burung ocehan tersebut mati. Ini tentunya tidak ada satupun bagi para pecinta burung ocehan yang menginginkan burung ocehannya sakit parah bahkan mati akhir salah dalam penanganan penyakitnya. Nah, dalam artikel ini dimuat wacana kesalahan-kesalahan dalam menangani burung ocehan yang sakit. Dan uraiannya ialah:

  • Pemberian obat yang salah dan takaran yang berlebihan

    Burung ocehan yang sakit sudah sepatutnya diberikan obat yang sempurna supaya cepat menghilangkan penyakitnya dan bisa memulihkan kembali kesehatannya menyerupai sedia kala. Tapi jikalau salah dalam sumbangan obat maka hasilnya bisa memperparah penyakit burung ocehan tersebut dan bisa mengantarkannya pada kematian. Dan ini yang terkadang terjadi dalam penanganan burung ocehan yang sakit yakni salah dalam sumbangan obatnya. Baiknya terlebih dahulu kenali jenis penyakitnya secara terang sehingga bisa diberikan obat yang sempurna atau jikalau takut salah sanggup dibawa pribadi ke dokter hewan. Dan insiden selanjutnya ialah sumbangan takaran obat yang over/berlebihan. Jika burung ocehan contohnya mengalami cacingan, tolong jangan diberikan obat cacing untuk insan alasannya dosisnya tentu sangat berbeda jauh sekali. Makara untuk takaran obat burung sanggup ditanyakan kepada dokter binatang yang menangani burung ocehan kita yang sakit atau lihat petunjuk yang terdapat dalam bungkus obat.


  • Kesalahan dalam memilih jenis penyakitnya

    Menentukan penyakit burung ocehan yang sudah mengatakan tanda-tanda sakit yakni sangat perlu untuk dilakukan supaya gampang dalam penanganannya dan sumbangan obatnya. Jika si pemilik tidak sanggup mendiagnosa atau memastikan penyakit burung ocehannya maka sebaiknya jangan pribadi diberikan obat yang tidak diketahui dan tanyakan sama dokter binatang atau teman yang sudah usang berjibaku dengan burung ocehan. Karena jikalau salah dalam mendiagnosa penyakit burung ocehan maka kemungkinan besar salah pula dalam sumbangan obatnya yang dampaknya bisa menjadikan penyakitnya makin parah atau burung ocehan tersebut bisa mati.

  • Penempatan burung ocehan yang sakit tidak tepat

    Burung ocehan yang sakit selain harus cepat diberi obat juga harus dipisahkan dari burung ocehan yang berada di sekitarnya. Kesalahan dalam penanganan burung ocehan yang sakit ialah tidak pribadi memisahkan burung ocehan yang sakit dengan yang sembuh, alhasil semua burung yang ada di sekitar burung yang sakit bisa terinfeksi atau tertular penyakitnya. Burung ocehan yang sakit sanggup ditempatkan pada daerah khusus atau tersendiri yang terpisah dari burung ocehan. Bersihkan terlebih dahulu daerah karantinanya dari kuman dan basil serta berikan penghangat berupa lampu kecil di bab atas sangkarnya. Penempatan burung ocehan yang sakit ini perlu untuk diperhatikan supaya kemungkinan penyebaran penyakit sanggup dibatasi dan tidak menjangkiti burung ocehan yang sehat.

Inilah klarifikasi mengenai kesalahan yang timbul akhir penanganan burung ocehan yang sakit. Sedari itu penting bagi pecinta burung ocehan harus sanggup mengenali jenis penyakitnya dan jenis obat yang cocok untuk burung ocehannya kemudian sempurna dalam penanganannya dengan cara membaca buku khusus perawatan burung ocehan dan berbaur dengan penghobi burung ocehan lainnya. Sehingga jikalau burung ocehan sakit sanggup dengan benar ditangani dan kesalahan dalam perawatan sanggup dihindarkan. Oke.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://www.indobird.com/article/article_detail.asp?cat=7&id=319

Gambar:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8_808AvUgKNW7HGB4Xptso_S-1fvW20BfdJPuH-UnK1d6SsWZoTSc-SnpOdxip2B-WN14nm14N330mjneh_pxQm5la577kCtHQfuwTvdez6j4DoeW2fspw55Iv_b4DEdhwIm1ZeNYq7Zb/s1600/102512_burung-hitam-mati-di-arkansas--amerika-serikat.jpg

0 Response to "Kenali Kesalahan Dalam Menangani Burung Ocehan Yang Sakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel