Burung Trucukan Suaranya Keren Juga

Burung trucukan atau trocok yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan yellow-vented bulbul (Pycnonotus goiavier) ini yaitu spesies dari keluargaMerbah Cerukcuk yang merujuk pada bunyi khasnya burung ini yang terdengar menyerupai kata "cuk cerucuk cuk cuk". 
 atau trocok yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan  Burung Trucukan Suaranya Keren Juga

Burung trucukan masih berkerabat akrab dengan burung kutilang. Harganya kalau kita beli dipasar juga cukup murah. Di daerah aku Magelang banyak dijumpai dipasar burung dalam jumlah yang banyak atau ombyokan. Harga per ekornya untuk burung bakalan berkisar antara 30-50 ribuan saja.

Jika kita bakir menentukan bakalan burung trocokan,kita akan mendapat burung yang manis suaranya. Suara burung trocokan bukan sekedar bunyi panggilan khasnya saja,jika dirawat dengan baik dan benar,ternyata burung ini juga bisa bersuara ngropel menyerupai cucak rawa. Selain itu,burung trocokan juga dikenal dengan gaya khasnya dalam berkicau sambil membuka sayapnya,hal menyerupai ini biasa dikenal dengan "nggaruda".

Dulu aku tidak suka dengan burung ini alasannya yaitu tampilannya yang sangat sederhana. Tapi kini aku pelihara satu ekor sesudah beberapa kali melihat dan mendengarkan bunyi kicaunya dirumah teman saya. Awalnya aku masih belum tertarik,tapi usang kelamaan aku jadi naksir dengan burung ini. Karena teman aku punya 3 ekor,jadi aku beli satu.

Dari ketiga ekor tersebut ada satu yang tidak beliau jual,itu dikarenakan sudah bersuara manis dan bisa dibilang gacor. Berikut ini video burung trucukan yang gres 2 hari aku boyong kerumah,silahkan lihat bunyi ropelannya dibawah ini.

Mohon maaf untuk tipe bunyi yang lain beserta agresi buka sayapnya aku potong. Biar menyerupai cucak rawa maksudnya hhh.

0 Response to "Burung Trucukan Suaranya Keren Juga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel