Pemeliharaan Kaki Kenari



Pertamakali saya jatuh cinta pada burung kenari sebab melihat penampilannya yang menarik  Pemeliharaan Kaki KenariPertamakali saya jatuh cinta pada burung kenari sebab melihat penampilannya yang menarik memiliki warna yang indah dan yang tidak kalah menarik yaitu memiliki bunyi yang sangat merdu. Walaupun saya pernah murtad beberapa kali maksudnya pindah kelain hati (memelihara burung kicauan) tetapi akhirnya tetap balik lagi memelihara burung kenari hehe…. Salah satu pendukung kecantikan penampilan burung kenari yaitu kakinya, penampilan yang menarik didukung dengan kaki mulus nan tinggi semampai…. Wuihhh betapa cantiknya burung kenari.
Dengan semakin bertambahnya usia burung kenari sisik  kaki semakin menua bila tidak dirawat dengan baik maka sisik kaki semakin menebal. Penebalan sisik kaki akan menciptakan penampilan kaki burung kenari kurang menarik. Untuk memperlambat penuaan sisik kaki kenari sanggup dilakukan dengan cara setiap 1 bulan sekali kaki burung kenari diolesin minyak tawon, mandi rutin seminggu sekali. Selain factor usia yang menciptakan penampilan kaki kurang menarik yaitu sebab terkena penyakit bubulan dan bebenjolan biasanya hobis menyebut digigit nyamuk.
a.    Penyakit Bubulan
Penyebab penyakit bubulan masih menjadi silang sengketa (lebay nian hehe….) ada yang bilang sebab jamur ada juga yang bilang sebab virus. Saya tidak ingin menciptakan runyam permasalahan, saya hanya sharing mengenai penanganan penyakit bubulan menurut pengalaman pribadi. Penanganan penyakit bubulan pada kaki burung kenari yaitu dengan cara kaki kenari diolesin minyak tawon. Jamur yang sudah usang biasanya melekat pada jari kenari cukup berpengaruh sehingga membersihkannya (dengan cara digosok memakai kuku tangan kita) harus agak kuat  hanya harus hati-hati bila terlalu berpengaruh menarik jamur tersebut jari kenari akan mengalami pendarahan. Pembersihan bubulan ini tidak sanggup dilakukan sekaligus sebab bila dipaksakan khawatir banyak keluar darah. Setelah jamurnya dibersihkan jari-jari kenari diberi betadin. Jika bubulannya belum higienis semuanya sanggup dilakukan seminggu kemudian hingga jari-jari kenari higienis dari jamur.
Dalam penanganan penyakit bubulan tidak hanya menghilangkan(mencabut) jamur dari jari-jari kenari ada yang tidak kalah penting yaitu pencucian kandang berikut tangkringannya. Jika kondisi kandang dan tangkringannya tidak dijaga kebersihannya, maka pengobatan bubulan tidak efektif. Penyebab jamur (bubulan) yaitu kotoran yang melekat pada kaki burung kenari. Jika kotoran tersebut dibiarkan usang maka akan menimbulkan tumbuhnya jamur.
b.    Gigitan Nyamuk Pada Jari Kenari.
Mohon maaf saya tidak sanggup menyebutkan nama penyakitnya hanya biasanya temen-temen kenarimania menyebut benjolan yang diakibatkan dari gigitan nyamuk. Penyebab benjolan pada jari kenari juga masih simpang siur ada yang beranggapan sebab gigitan nyamuk ada juga yang menyebut akhir virus. Saya tidak ingin membahas dilemma diatas, saya hanya ingin sharing mengenai penanganan penyakit tersebut sebab bila penanganan penyakit benjolan ini salah akhirnya patal.
Saya sering menerima pencerahan dari rekan-rekan kenarimania bahwa untuk mengobati gigitan nyamuk memakai salep 88, saya sudah mencobanya dan Alhamdulillah berhasil. Namun penggunaan salep 88 ada imbas sampingnya yaitu jari-jari yang diolesin salep 88 sering dipatokin, saya tidak tahu penyebab kenari bahagia matokin jari kaki yang diolesin salep 88. Akibat kenari bahagia matokin benjolan yaitu benjolan sanggup pecah dan keluar darah yang cukup banyak, bila tidak segera ditangani akan berakibat patal kenari sanggup mati sebab kehabisan darah.
Saya langsung untuk mengobatin benjolan  biasa memakai garamicyn. Saya tidak akan bosan-bosan mengingatkan kenarimania untuk menjaga kebersihan kandang sebab intinya seluruh sumber penyakit yaitu sebab keteledoran kita terhadap perawatan/menjaga kebersihan kandang berikut sarana penunjangnya menyerupai tangkringan, daerah makan dan minum. Demikian sharing saya mengenai perawatan kaki dan penyakit yang sering menyerang kaki kenari.

0 Response to "Pemeliharaan Kaki Kenari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel