Mengenal Ayam Vietnam Atau Ayam Saigon


Seiring berjalannya waktu cukup umur ini sebagian kecil Ayam Saigon telah mengalami revolusi genetika yang sangat fundamental sehingga gaya bertarungnya pun mengalami perbaikan kualitas kalau dibandingkan dengan generasi awal yang masuk ke Indonesia. Sebagian kecil Ayam Saigon yang mengalami revolusi genetika mengalami peningkatan kecepatan di dalam bertarung yang sangat signifikan dan juga terdapat peningkatan kepandaian di dalam membuat peluang menyerang (Ofensif) terhadap lawan namun juga dilengkapai dengan teknik bertahan (Defensif) yang baik. Tentunya banyak sekali perbaikan terhadap kelemahan generasi awal Ayam Saigon yang masuk ke Indonesia membuat ayam Saigon cukup umur ini menjadi profil ayam aduan yang ideal di bandingkan dengan trah lain.


Seiring berjalannya waktu cukup umur ini sebagian kecil Ayam Saigon telah mengalami revolusi g Mengenal ayam vietnam atau ayam saigon

Teknik serangan (Ofensif) dari ayam Saigon cukup umur ini tidak kalah pintar dan indah kalau kita bandingkan dengan trah Bangkok yang sudah melegenda yang mempunyai 3 jenis serangan Ofensif antara lain serangan dengan jalu , serangan dengan pukulan dan kombinasi serangan pukul jalu. Sedangkan untuk teknik bertahan dari ayam Saigon bermodalkan kualitas tulangan yang anggun dan di lengkapi dengan struktur daging dengan serat otot yang padat dan kasar (banyak) mengakibatkan ayam ini menjadi ayam yang tahan pukul serta mempunyai pukulan yang keras. Adapun kulit ayam Saigon yang tidak terlindungi dengan bulu secara otomatis akan menjadi tebal, lentur dan berkerut sehabis ayam Saigon mencapai umur cukup umur sehingga ketika mendapatkan patukan , pukulan atau jalu dari lawan maka kulit tidak gampang terluka atau terkoyak.


Dari segi penampilan ayam Saigon mempunyai tampang yang bergairah dengan bulu cepak mengakibatkan ayam ini mempunyai tampang ibarat tentara (Maaf bukan sama tapi mirip-red). Jika kita bandingkan dengan Trah ayam Bangkok yang bertampang ganteng dengan bulu yang panjang dan lebat tentunya ayam Saigon kurang diminati sehingga sering kali diremehkan oleh musuh di arena tarung. Makara hal ini tentunya menunjukkan laba bagi pemilik ayam Saigon alasannya yaitu diremehkan karenanya sering kali mendapatkan musuh yang enteng di arena tarung. Dewasa ini penampilan ayam Saigon dibedakan menjadi 4 type , antara lain :


1. Ayam Saigon Gundul ( Sejak lahir memang sudah gundul).

2. Ayam Saigon Berbulu Normal (Bulu ibarat ayam trah lain).

3.Ayam Saigon Berbulu Normal namun bulu disekitar leher sangat tipis sehingga kulit bisa terlihat.

4. Ayam Saigon Berbulu Banci (Bulu ibarat ayam betina tidak keluar bulu raw

Di Negara Vietnam mempunyai parameter khusus di dalam memperlakukan ayam aduan yang sangat berbeda dengan Negara Thailand. Bila di Tahiland ayam aduan dikatakan penampilannya anggun apabila mempunyai bulu yang lebat / rob dan panjang sehingga terlihat gagah , namun di Vietnam mempunyai evaluasi yang berbeda penampilan ayam aduan yang digemari yaitu ayam aduan yang sebagian besar kulit ayamnya terlihat serta mempunyai warna merah . Menurut penghobi ayam aduan di Vietnam kulit yang merah bagai darah bisa membuat ciut / gentar mental musuh. Sehingga ayam Saigon yang terlahir sebagai type 2, 3 dan 4 akan dilakukan pencabutan bulu sehingga sebagian kulitnya akan terlihat dan dilakukan perawatan khusus biar kulit terlihat kemerahan bagai darah.


Namun demikian walaupun ayam Saigon mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan tetap dalam sebuah pertarungan memegang prinsip bahwa ayam aduan yang baik yaitu ayam yang mempunyai tulangan yang baik , mempunyai teknik apapun itu yang penting sulit dipukul lawan dan mempunyai pukulan apapun itu yang penting higienis / sempurna target di tempat vital. Kalau ketiga syarat tersebut terpenuhi apapun trahnya ayam aduan tersebut yaitu ayam aduan yang baik




Ayam Vietnam atau yang lebih dikenal dengan Ayam Saigon yaitu ayam aduan yang berkembang di Negara Vietnam . Ayam aduan ini mempunyai karakteristik yang agak berbeda dengan ayam aduan dari trah lain ibarat yang umum kita jumpai ibarat Ayam Bangkok. Trah Ayam Vietnam / Saigon ini bergotong-royong masuk ke Indonesia hampir bersamaan dengan masuk Ayam Bangkok namun kepopuleran ayam ini meredup seiring dengan boomingnya ayam bangkok yang berjaya di banyak sekali kalangan ayam di banyak sekali tempat di Indonesia. Adapun yang membuat Ayam Bangkok menjadi sangat Populer yaitu gaya bertarungnya yang indah dan luwes disertai pukulan yang keras dengan di dukung kualitas tulangan yang anggun pula sehingga bisa melibas ayam aduan trah lokal orisinil Indonesia. Sedangkan di masa itu Ayam Saigon kurang diminati alasannya yaitu ada beberapa kekurangan yang dimiliki antara lain Ayam Saigon dirasa masih kurang pintar / kurang pintar didalam membuat peluang untuk memukul, kecepatan sangat rendah / terkesan lamban , namun Ayam Saigon mempunyai kelebihan berupa struktur daging dengan serat otot yang jauh lebih baik kalau dibandingkan Ayam Bangkok disamping itu Ayam Saigon juga mempunyai struktur tulang yang sangat kokoh kalau dibandingkan dengan trah lain.

0 Response to "Mengenal Ayam Vietnam Atau Ayam Saigon"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel