Jenis Jenis Burung Kenari


JENIS JENIS BURUNG KENARI
 lBBRljzKjQjfNdhNSBpQaQaQKFDoBLbkZzkcoYIQc JENIS JENIS BURUNG KENARI
Burung kenari border merupakan burung kenari yang paling populer. Burung ini berasal dan jenis cumberland fancy, dan bersumber dari negara perbatasan (border) antara lnggris dan Skotlandia. Burung ini berbentuk serba “bulat” dilihat dan sudut mana saja. Di dalam pertandingan, bentuk bundar itu sangat menentukan. Di samping itu tingkah burung harus menunjukkan kebiasaan gerak tertentu. Burung kenari border ini mencapai panjang 14 cm.
Gloster
lBBRljzKjQjfNdhNSBpQaQaQKFDoBLbkZzkcoYIQc JENIS JENIS BURUNG KENARI
Ini tergolong jenis burung kenari yang dihasilkan dan peternakan akhir-akhir ini. Kenari gloster tergolong lebih kecil, dengan panjang tubuh tak lebih dan 11 cm. Kenari gloster sengaja diternakkan ke arah jenis yang kecil dan diusahakan semoga selalu kecil, sehingga hewan ini dihentikan lebih dan ± 11 cm ketika memasuki pertandingan.
Di dalam gambar-gambar yang sanggup dijumpai di buku-buku mengenai burung kenari kita akan sanggup melihat bahwa kenari ini mempunyai warna kuning dengan potongan sayap putih atau kehijau hijauan, sama mirip potongan ekornya. Pada kepala burung kenari gloster terdapat jambul, tetapi ada juga yang tidak. Burung dengan kepala polos dikenal dengan nama consort.
Norwich
Burung kenari ini mempunyai sejarah sendiri. Penenun - penenun bangsa Flam yang memelihara burung ini pernah melarikan diri ke Inggris, untuk menghindani pembantaian bangsa Spanyol. Mereka tinggal di wilayah Norwich di Norflok (Inggris). Mereka inilah yang menjaga kelestanian burung ini. Burung kenari norwich sampaumur ini merupakan burung kenari yang
menanik.

Burung ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek. Banyak dan burung ini yang mempunyai warna hijau yang menanik Sekali. Burung ini jarang yang berwarna putih. Panjangnya antara 15—16 cm.

Cinnamon
Burung Cinnamon sampaumur ini mempunyai kesamaan dengan kenari Norwich dan tergolong burung yang menarik. Mereka inilah yang menjaga kelestanian burung ini. Burung ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek. Sebagian besar burung ini  mempunyai warna hijau yang menarik sekali. Burung ini jarang yang berwarna putih. Panjangnya antara 15—16 cm.

Yorkshire
Kenari yang satu ini merupakan jenis yang sangat terkenal ketika ini, kenari yang termasuk jenis ukuran besar (body) sangat digandrungi oleh banyak kalangan pecinta kenari. oleh lantaran itu mahar untuk memperoleh kenari jenis Yorkshire (YS) ini tidaklah sembarangan, harga anakannya saja sanggup mencapai hampir 1000k bahkan sanggup lebih tergantung kwalitas YS itu sendiri. Sebenarnya kategori harga yang cukup mahal dikarenakan faktor jenis kenari yg berasal dari luar negeri (import) . Tidak menutup kemungkinan kenari jenis lain selain Yorkshire ini yang berasal dari (import) lebih mahal  juga dibanding kenari lokal. hanya saja dari bermacam jenis kenari (import) yang ada, kenari dengan nama Yorkshire (YS) ini yang  mungkin lebih terkenal dalam perduniaan kenari.
Burung kenari ini merupakan hasil persilangan burung kenari Lancashire dan burung kenari Belgia. Bentuk burung ini terkadang digambarkan mirip wortel yang terbalik. Burung ini selalu bangun tegak, dengan kaki panjang. Dengan keadaan mirip itulah para juri menilai keindahan burung kenari ini. Panjang burung ini kira-kira sekitar 16 cm.
Lancashire
Disebutkan bahwa kenari ini yakni jenis kenari yang terbesar di Inggris. Jenis ini kini sudah jarang ditemu kan dalam bentuk aslinya. Burung ini lebih banyak disilang kan dengan jenis lain untuk mendapat tubuh yang besar. Jenis ini ada yang mempunyai mahkota atau jambul, dan ada pula yang kepalanya polos

London Fancy
Kenari jenis mi disebutkan telah punah, dan burung kenari mi susah ditelusuri asalnya. Burung mi benar-benar sangat cantik. Bulunya berwarna keemasan yang cemerlang dengan sayap dan ekornya berwarna hitam, yang menaggal kan kontras yang sangat mengesankan. Ini tergolong jenis kenari Inggris yang sudah renta sekali, dan aslinya mempunyai bintik-bintik hitam








Fife Fancy
Kenari ini tergolong jenis baru, yang masih muda umurnya gres di pertengahan kurun ini Bila melihat gambarnya, burung ini bentuknya sama mirip kenari london fancy, hanya ukurannya kecil, dengan bulu sayap dan ekor berwarna putih. Burung fife fancy mi bahwasanya burung border tetapi ukuran badannya lebih kecil.

Disebut demikian lantaran bentuk secara keseluruhan mudah sama, kecuali perbedaan ukurannya.
Ukuran burung ini harus tidak lebih dan 11 cm. Burung ini sangat gampang diternakkan dan sanggup memperlihatkan variasi bulu yang sangat luas.

Scotch Fancy
Di kalangan penggemar burung di inggris, burung ini di kenal dengan sebutan Bird O Circle, lantaran gugusan dan kepala hingga ke ujung ekor pada waktu dipertandingkan berbentuk setengah lingkaran. Dalam pertandingan ada posisi, gerak, atau bunyi yang harus dipertontonkan oleh burung kenari.

Keadaan yang tidak umum ini ditemukan Secara menonjol di wilayah Skotlandia dan Inggris Utara, Sedang di wilayah selatan burung ini tidak populer. 
Burung Scotch harus mempunyai kepala kecil, lebih bundar sedikit dan kepala burung kenari belgia. Lehernya ramping dan pan jang, bahunya terisi penuh namun sempit dan bulat, sayapnya panjang dan melekat besar lengan berkuasa ke badan, dan kaki yang panjang besar lengan berkuasa terpentang dengan baik.


Roller
Telah disebutkan sebelumnya perihal burung kenari roller ini, yang tergolong merajai jenis burung kenari yang berkicau. Burung ini keturunan burung kenari jerman yang diternakkan seeara besar-besaran di wilayah Pegunungan Hartz. Di pegunungan ini kira-klra 400 keluarga berkecimpung mengembangbiakkan kenari dan melatihnya.
 
Cara usang yang digunakan untuk melatih burung ini yakni dengan memasukkan burung ke dalam kandang kecil dan membiar kan burung ini mendengarkan bunyi burung yang dikenal indah suaranya (yang telah menang pertandingan, Misalnya). Tetapi sampaumur ini orang memakai bunyi piringan hitam atau pita kaset.

Crest
Kenari Crest Kenari ini tergolong jenis yang renta dan burung kenari, dikarenakan telah ada di sekitar tahun 1950-an. Mula-mula di kenal dengan nama Turn crown, dan pada permulaan kurun ini dikenal sebagai King of the fancy (Raja Fantasi). Mahkota burung.ini haruslah besar dan mengembang dan tengah tengah kepala dan mengembang ke depan hingga ke paruh nya hampir sejajar dengan matanya sehingga mata hampir tertutup.

Mahkota ini juga mengembang ke arah belakang kepala. Mahkota ini harus mempunyai bentuk yang baik, luas dan tebal dengan bulu-bulu yang lebat dan lembut. Kenari mahkota yakni burung yang besar dan harus mempunyai kepala yang besar, leher yang besar pendek dan tubuh bidang, sama mirip kenari norwich.Ternyata jenis crest ini ada yang mempunyai mahkota, tetapi ada pula yang mempunyai kepala yang polos tanpa mahkota

Frill
Kenari ini dikenal sebagai kenari belanda di kurun ke 18, tetapi kemudian muncul banyak sekali jenis yang menyebar ke banyak sekali negara. Dewasa ini dikenal Frill dan Belanda, Italia, Paris, sedang pihak Jepang telah menghasilkan jenis yang kecil. Umumnya jenis frill ini tergolong sebagai burung yang besar, lantaran panjangnya sanggup lebih dan 20 cm.
Ada tiga potongan yang disebut mantle, jabot, dan fin. Mantle (las) yakni bulu-bulu potongan punggung yang membelah di punggung dan jatuh secara sinietnis. Jabot yakni bulu di dada yang berombak dan menggulung ke dalam. Jabot ini harus tiba dan tiap sisi dada untuk membentuk suatu ke rutan yang bertemu di potongan tengah bagaikan suatu bentuk kerang yang menutup. Sedang fin yakni bulu-bulu yang panjang, benar-benar berjumbai yang tiba dan paha dan bergerak ke atas sekeliling sayap. Kenari frill yang indah sanggup menjadi burung yang sangat indah, tetapi kenari yang jelek akan menjadi burung yang memberi kesan ganjil dan aneh lantaran bentuknya itu. Burung-burung mi tergolong sebagai burung ternak yang baik.
Lizard
Burung kecil yang bagus ini yakni salah satu jenis tertua dari kenari yang telah mempunyai sejarah lama. Termasuk “type canary”, Lizard hampir punah pada awal 1900-an. Akibat adanya dua perang dunia dan wabah penyakit, populasi Lizard Canary berkurang hingga hanya menjadi hanya beberapa pasang ketika mulai dikembangkan lagi pada pertengahan 1940-an. Berkat Lizard Canary Association di Inggris Raya, hari ini kenari Lizard sanggup berkembang lagi dengan subur dan merupakan salah satu burung kenari..

Lizard Canary (kenari kadal) yang panjangnya sekitar 14 cm ini sangat identik dengan warna bulunya yang ibarat sisik kadal. Bulu lizard didominasi warna kuning dan warna putih.Lizard Canary dikembangkan di Prancis pada 1700-an. Pada 1945, asosiasi penggemar Lizard dibuat di Inggris dengan tujuan mengembangbiakkan lagi burung ini dan hari ini Lizard Canary merupakan salah satu jenis burung kenari yang cukup populer.
Spanish Timbrado
Spanish Timbrado Canary yakni varetas terbaru dari “song canary”, dikembangkan di Spanyol pada 1940-an dan 1950-an. Bentuk fisik burung ini ibarat bentuk orisinil burung kenari alam lantaran memang merupakan persilangan antara kenari liar dengan burung finch kicauan Spanyol.

 Kombinasi dari mereka menghasilkan burung yang mempunyai nyanyian yang sangat unik. Nama burung ini, mirip halnya suaranya, mengingatkan kita pada ketukan castanyet Spanyol. Meskipun keras, bunyi burung ini tidak berisik atau memekakkan telinga.

 Meski dikenal dengan lagunya yang bagus, burung ini sanggup dinikmati pula pada tampilan fisiknya yang cantik. Mereka dikembang biakkan dari indukan dengan banyak sekali variasi warna dan mempunyai nyanyian yang kristal. Kenari Spanish Timbrado yang baik harus mempunyai keseimbangan antara kualitas bunyi dan variasi lagu. Burung ini mempunyai standar bunyi yang berbeda dengan “song canary” lainnya mirip kenari Roller, American Singer, Russian Singer, maupun Waterslager.
Waterslager
Beberapa pihak menilai bahwa kenari Waterslager mempunyai bunyi dan volume yang khas, mempunyai lagu yang indah, corak bunyi yang lunak dan terkesan nyaring.

Memiliki panjang sekitar 16 cm yang berarti ukuran normal dari seekor burung kenari, pada umumnya kenari jenis ini mempunyai warna kuning yang dominan, bulu lembut, serta bentuk paruh sedikit kerucut terkesan lebih lancip dari jenis kenari lainnya.

Identik dengan namanya, Waterslager mempunyai bunyi yang terkesan mirip pedoman air (water), Bagaikan pedoman sungai yang megalir dan sebening air menetes dsb.

Menurut beberapa sumber  sih... menyatakan, Waterslager meskipun identik dengan air akan tetapi kenari jenis ini termasuk tipe kenari yang malas mandi, jadi si pemilik harus dengan rajin memandikan kenari ini apabila memang terlihat minim aktifitas mandinya, serta ketika fisiknya terlihat cenderung kotor lantaran jarang mandi

Untuk perawatan terutama hindari suhu dingin, udara yang lembab, serta jauhkan dari area yang berangin.



American Singer
Sejarah bermula dari 8 peternak perempuan yang membuat klub di Milton, Massachusetts, Amerika Serikat pada tahun 1930an. Tujuan dari klub ini yakni membuat jenis kenari yang ideal untuk dijadikan hewan peliharaan untuk penduduk Amerika pada khususnya dan membuat standar kompetisi. Saat ini American Singer Club, Inc., sebuah organisasi resmi yang menaungi jenis kenari tersebut, telah mempunyai 21 cabang yang berada di 20 cabang di negara potongan di Amerika Serikat dan 1 cabang yang terbaru di Canada.
Yang asyik untuk dipelajari, jenis kenari ini yakni hasil silangan antara German Hartz Roller (Harzer) dan Border serta membutuhkan 4 hingga 5 tahun untuk menghasilkannya secara sistematik, tentunya. Pada dasarnya, kenari ini diternak untuk nyanyiannya tetapi juga haruslah mempunyai faktor yang atraktif, mirip bodi dan warna dalam evaluasi di sebuah kontes.

Lagu American Singer haruslah mempunyai porsi yang sempurna antara German Hartz Roller (Harzer) dan Border untuk memanjakan indera pendengaran pendengar, tidak terlalu keras, berangasan ataupun monoton, berkualitas, besar lengan berkuasa dan bervariasi, tanpa adanya ketukan nada lebih dari 6 kali di setiap variasi lagunya.

0 Response to "Jenis Jenis Burung Kenari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel