Cara Beternak Puyuh Petelur

Ada dua Cara beternak burung puyuh petelur yang lajim diaplikasikan oleh peternak puyuh ketika ini, yang pertam ialah dengan sistem sangkar litter dan yang kedua beternak puyuh dengan sangkar baterai. Kedua cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pembuatan sangkar litter burung puyuh lebih efisien bila dibandingakn dengan menciptakan sangkar baterai, namun perawatan dan panen telur puyuh jauh lebih praktis bila kita membudidayakan puyuh petelur di sangkar baterai. Pada sangkar litter telur puyuh sering sekali tertimbun dalam tumpukan litter, sehingga sering terinjak oleh puyuh atau peternak yang hendak memanen telur.



Kandang litter; sangkar yang didalamnya terdapat litter. Litter ialah bantalan lantai sebuah sangkar yang terbuat dari serbuk atau butiran-butiran benda yang bisa menyerap air dan bersifat cukup lembut. Kandang litter ini ada dua jenis; Kandang litter panggung: Biasa dipakai pada peternakan ayam broiler (ras), sangkar litter panggung ini sewaktu-waktu bisa diubah menjadi sangkar baterai, caranya cukup dengan mengangkat (membuang litter). Beberapa materi yang sanggup dijarikan litter; serbuk gergaji (serbuk kayu) sekam padi, dan jerami. Kekrangan budidaya ternak puyuh di sangkar litter salah satunya ialah puyuh praktis terkena gangguan pernapasan jikalau litter terlalau usang atau tidak diganti, litter harus diganti sesering mungkin, jikalau litter sudah memadat maka kadar amoniak di sangkar puyuh niscaya akan meningkat. Kelebihan memakai litter terletak pada kesehatan ternak puyu terutama kesehatan kaki alasannya litter jauh lebih lembut dibandingkan dengan lantai sangkar baterai yang umumnya terbuat dari jerejak kayu atau anyaman kawat. Kandang litter melantai, sangkar ini selamanya hanya bisa dibentuk menjadi sangkar litter lantaran litter akan ditebar di lantai dasar kandang. Biaya sangkar litter melantai ini jauh lebih murah dibandingkan sangkar litter panggung.

Burung puyuh petelur bergotong-royong sama saja dengan puyuh pedaging, dimana puyuh pedaging didapatkan dari ternak puyuh petelur yang telah afkir. Puyuh afkir ialah burung puyuh yang sudah tidak bisa lagi menghasilkan telur secara ekonomis. Sebagai seorang peternak yang hendak memulai bisnis budidaya puyuh ada hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, diantaranya:

Lokasi peternakan puyuh; harus diketahui bahwa puyuh praktis stress ketika tingkat kebisingan lingkungan cukup tinggi. Jika puyuh petelur mengalami stress bisa dipastikan puyuh tersebut tidak akan berproduksi (bertelur). Oleh lantaran itu usahakan sangkar puyuh jauh dari kebisingan. Burung puyuh akan tumbuh sehat di tempat yang teduh, jadi alangkah baiknya sangkar puyuh diletakkna di bawah pepohonan rindang. Jika anda tinggal di lingkungan yang padat penduduk maka budidaya puyuh tidak cocok untuk bisnis anda. Di lingkukang padat penduduk bisnis budidaya peternakan yang cocok mungkin hanya ikan lele dan belut.

Pemasaran telur dan daging, sebelum anda memulai ternak puyuh pastikan bahwa di kawasan anda ada penampung telur puyuh. Hal ini lantaran puyuh termasuk salah satu burung yang produksi telurnya sangat tinggi yakni mencapai 300 butir/ tahun. Jika anda memelihara puyuh dalam skala besar maka jalan masuk pemasaran sudah benar-benar ada alasannya daya tahan telur puyuh yang baik cukup singkat hanya 3 ahad saja.

Selanjutnya citra garis besar cara beternak burung puyuh petelur:

  • Siapkan sangkar di lahan yang tepat, dan arah yang sempurna (memanjang dari timur ke barat)
  • Pesan bibit, anda bisa memesan puyuh dara semoga lebih praktis dalam perawatannya dan tingkat janjkematian juga rendah. Alternatif lain anda bisa juga membeli mesin tetas dan menetaskan telur puyuh sendiri; dalam hal ini anda harus benar-benar mengetahui ciri-ciri telur yang fertil.
  • Isi sangkar puyuh dengan kepadatan yang tepat. Panjang sangkar baterai puyuh dihentikan lebih dari 2 meter untuk menghindari acara puyuh yang hiperbola dan lebar dari sebuah baterai sebaiknya kurang dari 70 cm hal ini semoga memudahkan kita ketika ingin menangkap puyuh ataupun membersihkan kandang, tinggi dari sangkar ataupun sangkar puyuh juga dihentikan lebih dari 40 Cm ukuran terbaik dan biasa dipakai ialah 30 cm, hal ini untuk menghindari kegiatan meloncat-loncat dari puyuh didalam kandang. 1 box sangkar ini optimalnya diisi dengan 30 ekor puyuh. Jika kita menciptakan sangkar/ sangkar bertingkat lima berarti satu unit sangkar bisa menampung 150 ekor puyuh.
Ada dua Cara beternak burung puyuh petelur yang lajim diaplikasikan oleh peternak puyuh sa Cara Beternak Puyuh Petelur
  • Siapkan pakan, puyuh memang bisa mengkonsumsi pakan ayam, namun jikalau anda mempunyai modal yang cukup sebaiknya beli pakan yang khusus untuk puyuh petelur.
  • Hari pertama puyuh masuk sangkar harus sangat diperhatikan kenyamanan dari puyuh tersebut, hindarkan dari kebisingan sehingga tidak stress. Jika puyuh sudah terbiasa dengan lingkungannya perawatan dan pengawasan akan semakin mudah. perawatan puyuh harian selengkapnya sanggup dilihat di sini.
Mungkin goresan pena ini hanya disampaikan secara garis besar saja namun saya yakin konsep dasarnya sudah terpapar dalam artikel ini secara lengkap. Untuk detail dan pengembangannya akan lebih baik dikembangkan sesuai daengan improfisasi anda sendiri, yang penting konsep-konsep dasar sangkar puyuh, pemasaran dan pemilihan umur bibit sudah bisa dipahami.

0 Response to "Cara Beternak Puyuh Petelur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel