RPP Kimia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Rangkaian kegiatan dari analisis SKL sampai dengan penilaian RPP Kimia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP KIMIA KELAS 10 SMA/MA
 Rangkaian kegiatan dari analisis SKL sampai dengan penilaian, dijadikan sebagai bahan dan acuan dalam menyusun RPP Kimia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017. untuk menyusun RPP Kimia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 207 perlu memperhatikan sistematika RPP berikut.

a. Identitas
Sekolah : ( diisi nama sekolah )
Mata pelajaran :(diisi dengan mata pelajaran )
Kelas/Semester : ( diisi dengan kelas sesuai peminatan dan semester yangberlangsung)
Tahun pelajaran : ( diisi dengan tahun pelajaran berjaalan)
Alokasi Waktu : diisi melalui anailisa estimasi waktu.
Penentuan alokasi waktu sebaiknya melalui analisis dari waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian tiap IPK.

b. Kompetensi Inti, 
Kompetensi inti dituliskan dengan cara menyalin dari Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar isi. 
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik
KI-3    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampakmata
KI-4    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abstrak(menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah dan sumberlain yangsama dalamsudut pandang/teori

c. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1    Menjelaskan metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia,  keselamat¬an dan keamanan di laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan
  • 3.1.1    Mengidentifikasi Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium, serta peran Kimia dalam kehidupan
  • 3.1.2    Menjelaskan hakikat ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari melalui motovasi gambaran penjelasan guru.
  • 3.1.3    Menerapkan peranan kimia dalam kehidupan sehari-hari melalui produk-produk kimia yang ditunjukkan oleh guru.
  • 3.1.4    Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan masalah disekitar lingkungan
  • 3.1.5    Menjelaskan cara-cara bekerja di laboratorium
4.1    Menyajikan hasil rancangan dan hasil percobaan ilmiah
  • 4.1.1     Mempresentasikan hasil pengamatan mengenai hakikat ilmu kimia dan peranannya dalam kehidupan serta metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium melalui tes refleksi
d. Merumuskan tujuan pembelajaran
Perumusan tujuan pembelajaran harus jelas dalam menunjukkan kecakapan yang harus dimiliki peserta didik Contoh tujuan pembelajaran dalam mata pelajaran Matematika.
Melalui model pembelajaran discovery learning, peserta didik  dapat menganalisis penyebab adanya fenomena sifat koligatif larutan pada penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis dan menyajikan hasil analisis berdasarkan data percobaan terkait penurunan  tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis larutan dengan rasa ingin tahu, teliti, disiplin dan bertanggung jawab
Tujuan pembelajaran di atas mengisyaratkan bahwa ada beberapa karakter kecakapan yang akan dikembangkan guru dalam pembelajaran, yaitu berpikir kritis,  kreativitas, dan kolaborasi. Selain itu, tujuan pembelajaran ini juga bertujuan untuk menguatkan pilar pendidikan yang berkaitan dengan belajar hidup bersama, dan peningkatan akhlak mulia yaitu saling menghargai dan menghormati antar sesama.

e. Materi
Cara menentukan materi pokok dan materi pembelajaran dalam RPP dituliskan poin poin yang merupakan materi pokok dan materi ajar. Materi pokok dapat dirumuskan dari Kompetensi Dasar, sedangkan materi ajar dirumuskan dari  indikator pencapaian kompetensi. Materi secara rinci menjadi lampiran RPP sebagai bahan ajar.
Selain itu, perlu diperhatikan juga materi pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk belajar lebih luas (broad based learning) serta memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk sumber belajar digital dan sumber belajar berupa alam atau lingkungan masyarakat (community based learning) seperti telah dijelaskan pada modul sebelumnya.

f. Kegiatan Pembelajaran
Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap peserta didik sebagai hasil dari  sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga dan masyarakat. Peserta didik mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi, di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Proses tersebut berlangsung melalui kegiatan tatap muka di kelas, kegiatan terstruktur, dan kegiatan mandiri di keluarga dan masyarakat dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar.

g. Penilaian
Penilaian dalam RPP mengukur ketercapaian indikator pencapaian kompetensi.penguatan nilai-nilai karakter melalaui kegiatan literasi, serta peningkatan keterampilan Abad 21. Penilaian untuk mengukur ketercapaian indikator dapat dilakukan dengan beberapa macam tehnik penilaian. Untuk lebih mudah dalam melaksanakan penilaian, sebaiknya dari indikator pencapaian kompetensi dijabarkan kedalam indikator soal.

h. Media/alat dan Sumber belajar
Media pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang menjadi tuntutan dalam pembelajaran. Media pembelajaran sebagai sarana bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Media pembelajaran akan mempengaruhi iklim belajar, kondisi dan lingkungan belajar yang ditata dan dikelola oleh guru.
Dalam memilih media pembelajaran harus mempertimbangkan prinsip psikologi peserta didik, antara lain motivasi, perbedaan individu, emosi, partisipasi umpan balik, penguatan dan penerapan. Penggunaan media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu, serta dapat memfasulitasi peserta didik untuk belajar lebih luas. Misalnya dalam pelajaran Kimia, peserta didik diminta untuk melihat serta menyimak tanyangan video orang mencari ikan di sungai menggunakan arus listrik. Guru memotivasi  peserta didik untuk bertanya terkait konten yang ditayangkan. Maka video dapat menjadi  media pembelajaran, sekaligus sebagai sumber belajar. Media pembelajaran yang dapat digunakan pada mata pelajaran kimia antara lain laboratorium, bahan praktikum, lingkungan, alam , dan lain-lain.

Alat pembelajaran adalah setiap peralatan yang dapat menunjang efektifitas dan efisiensi pembelajaran dan dapat mempengaruhi tingkah laku peserta didik. Misalnya proses pembelajaran akan dilakukan melalui kegiatan praktikum menentukan sifat larutan elektrolit dan non elektrolit, maka yang merupakan alat pembelajaran adalah : alat uji daya hantar listrik dan gelas kimia.

Sumber belajar adalah semua sumber yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik untuk mencapai kompetensi tertentu. Sumber belajar dapat berupa bahan cetak,  digital, data, orang, dan alam atau lingkungan masyarakat,. Penulisan sumber belajar di RPP harus jelas dan pasti.

Untuk lebih memahami bagaimana cara menyusun RPP berikut saya bagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kimia kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 207

0 Response to "RPP Kimia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel